*Share Menghadapi Mata Belek Anak*

Kalo ada anak2 dari Anda mengalami mata belekan ada tips dari tetua2 jaman kita dulu.
1. Dipilis jidat si anak memakai kunyit dan kapur. Entah bahasa apa pilis ini. Intinya dioleskan ke jidat si anak.
2. Sewaktu bangun pagi si Ayah / Ibu menjilat belek pada mata si anak. Kalau anak berkelamin perempuan maka si Ayah yang menjilat dan sebaliknya. Dan ini harus dilakukan benar2 setelah orang tua bangun tidur. Yaitu sebelum minum, kumur2 atau bahkan sebelum turun dari ranjang. Istilahnya "ludah basi".
3. Tips lainnya jika tidak sembuh mending ke Dokter cepat2. Jangan coba2 pakai tetes mata yang ada dipasaran seperti Rohto, Visine atau Insto. Rasanya di buku petunjuk pemakaiannya dicantumkan tidak boleh digunakan untuk anak2. Toh sebenarnya tetes mata ini untuk iritasi mata seperti mata pedih atau mata merah, dan bukan untuk belekan. Untuk belekan itu sendiri lebih cocok pake salep mata dari Dokter.
O iya kenapa obat tetes mata tidak boleh digunakan pada anak2? Karena ada bahan kimia tertentu (saya lupa namanya) yang jika digunakan dalam jangka panjang bahkan untuk orang dewasa dapat menyebabkan keriput pada selaput mata. So hati2 ya...tips umum yang berlaku adalah baca dulu petunjuk penggunaannya.  Penderita Glaukoma juga tidak diperbolehkan memakai tetes mata diatas loh ya.
Oke itu aja share nya. Semoga dapat membantu dan meningkatkan kewaspadaan kita.

Comments

Popular posts from this blog

Zaqila - Dilanda Rindu

Pohon Gebang : Manfaat dan Fungsi

Life Mapping Perencanaan Menuju Sukses