Sadar dan menyadari

Sadar adalah hal yang sering kita ucap dan kita alami. Namun kita tak bisa berlaku positif saat sadar, beberapa orang mengatakan begitu. Pertanyaan yang timbul iyalah, bagaimana kita menjadi sosok sadar dan menyadari yang positif ?

Ada beberapa faktor hal yang mempengaruhi sadar kita yaitu fikiran, nafsu, dan kata hati. Hal tersebut membawa dampak masing masing, ada yang pro dan kontra. Fikiran, ini adalah tempat dimana informasi diolah berdasarkan database yang kita miliki, semakin paham kita semakin besar pemecahan dan penghubungan informasi terjadi. Ini letak masalahnya, dalam bertindak baik kita seringkali mempertimbangkan dan memikirkannya berulangkali. Kenapa ? karena ada sisi lain dimana diri kita menambah hubungan yang lain. Seperti nafsu dan hati, keduanya sulit bersatu alias tidak mungkin. Pikiran akan terus memecah, nafsu dan hatipun ikut. Hati membawa tetang hal dasar dimana itu baik namun sulit diterima, sedang nafsu membawa ke dalam egoisnya diri.  Ini membuat kita sulit bergerak. Tapi tenanglah, Selalu ada pilihan dan perbaikan.

Selanjutnya adalah nafsu. Nafsu adalah suatu hasrat yang biasa merujuk pada ketidak seimbangan. Entah kenapa sering kali kita membenarkan nafsu kita sedang hal baik lain kita abaikan. Mungkin ada benarnya jika nafsu itu dihapus tapi bukan suatu yang baik. Karena tanpa nafsu kita tidak akan pernah belajar. Nafsu sendiri memiliki energi yang kuat sehingga sering kali kita kurang bisa mengontrol.

Dan terakhir adalah hati nurani. Hati bisa katakan organ tubuh kita yang membantu tubuh kita untuk mengurangi toksin. Adapun hati disini bukanlah hati sebagai organ tubuh melainkan hati sebagai bentuk sikap positif dari diri kita. Kata hati sering kali dijadikan bahan ungkapan sedang kebenarannya masih nonsense. Kata hati sendiri bersikap positif. Tindakan yang muncul dari kata hati hanya perlu dipertanggung jawabkan. Tak perlu difikirkan. Energi kata hati bisa sangat kuat dan bisa sangat lemah. Fikiran lah yang mengganggu kata hati. Pertimbangan, toleransi diri, dan penempatan hal yang bukan padq semestinya, itu lah penyebab kata hati melemah.

Dari hal diatas dapat ditaril jawaban dengan cara sebagai berikut.
Seringlah berkumpul dengan orang orang yang berpengetahuan sebagai penguat database yang positif tentunya filter diri kita juga harus kuat. Seringlah berdiskusi membahas masalah masalah yang muncul. Abaikan konflik diri yang berlebih. Cari teman yang mengerti dan berpribadi baik. Dan rajin beribadah...

Sekian ulasan tentang sadar...
Pribadi sadar dan menyadari....
Kritik dan saran mohon disertakan..
Terima kasih....

Comments

Popular posts from this blog

Zaqila - Dilanda Rindu

Pohon Gebang : Manfaat dan Fungsi

Life Mapping Perencanaan Menuju Sukses